Sembilan Bulan Program Pemagangan Bupati Karawang, Serap 6.744 Tenaga Kerja di 103 Perusahaan


Zilenialnews.com, Karawang - Program pemagangan yang terus digencarkan oleh Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, telah menunjukkan hasil positif. Hingga kini, tercatat sebanyak 6.744 tenaga kerja magang telah terserap di 103 perusahaan di Karawang.

Kepala Bidang Bina Pelatihan dan Produktivitas, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Puspita Wulansari, mengatakan, sejak program pemagangan dibuka awal Januari hingga September 2024, sudah 6.744 orang bekerja melalui program ini. Dari jumlah tersebut, 4.755 orang merupakan putra asli Karawang dan 1.989 orang dari luar Karawang.

“Jumlah ini berdasarkan laporan yang masuk ke Disnaker berdasarkan pelaporan perusahaan,” ujarnya, Sabtu (14/9/2024).

Menurut Wulansari, sesuai instruksi bupati, program pemagangan akan terus ditingkatkan di setiap perusahaan yang ada di Karawang. Dari sekitar 1.000 perusahaan, baru 103 perusahaan yang mengikuti program ini. Ke depannya, ditargetkan jumlah perusahaan yang ikut serta akan meningkat menjadi 300 hingga 1.000 perusahaan.

“Kami lakukan secara bertahap, namun target kami semua perusahaan harus ikut program pemagangan,” jelasnya.


Wulansari juga menyebutkan Disnakertrans akan melakukan sosialisasi lebih gencar ke setiap perusahaan agar semakin banyak warga Karawang yang mendapatkan kesempatan kerja. Ditargetkan 45.000 pencari kerja akan disalurkan melalui program pemagangan ini.

“Jika banyak perusahaan ikut program pemagangan, target kami ada 45 ribu orang bisa bekerja lewat program ini,” katanya.

Menurutnya, program pemagangan sangat membantu menekan angka pengangguran. Namun, pihaknya masih membutuhkan waktu untuk menjangkau semua perusahaan di Karawang.

“Kami masih harus menjalin komunikasi dengan banyak perusahaan dan itu membutuhkan waktu,” imbuhnya.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: TV berita

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال