Kota Bandung Raih Penghargaan IMDI Kategori Sangat Tinggi Tahun 2024

Mantap! Kota Bandung Raih Indeks Digital Masyarakat Terbaik Tahun 2024

Zilenialnews.com, Bandung -
Kota Bandung berhasil meraih penghargaan Skor Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Kategori Sangat Tinggi 2024 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI). Penghargaan diberikan Menteri Kominfo RI, Budi Arie Setiadi, dan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana, yang mewakili Penjabat Wali Kota Bandung di The Westin, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Ada pun Skor IMDI Kota Bandung pada 2024 sebesar 52,99. Angka ini disusul angka-angka yang menjadi pilar IMDI, yaitu:

Pilar 1: Infrastruktur dan Ekosistem 63,35
Pilar 2: Ketrampilan Digital 63,29
Pilar 3: Pemberdayaan 23,13
Pilar 4: Pekerjaan 36,40


Yayan mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kolaborasi pentahelix antara Pemkot Bandung dengan berbagai sektor, mulai dari sektor swasta/bisnis, media, pendidikan, dan masyarakat.

"Teknologi adalah hal tidak bisa dipisahkan dari Kota Bandung. Di kota ini, banyak penduduk muda dan banyak sarana pendidikan. Dua aspek ini sangat bergantung pada teknologi, informasi, dan komunikasi," ujar Yayan.

Yayan juga mengungkapkan, setiap sektor punya peran penting guna mendongkrak Indeks Masyarakat Digital. Ia memastikan, saat ini tidak ada blank spot di Kota Bandung, sehingga seluruh warga Bandung dipastikan bisa mengakses informasi dengan mudah.

"Apa yang kita dapatkan merupakan buah kolaborasi. Pemerintah sebagai regulator pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi. Kemudian unsur bisnis yang membantu penyediaan infrastruktur teknologi, lalu unsur media massa, dan masyarakat pengguna digital," ungkap Yayan.

"Tidak lupa juga dunia pendidikan yang memberi sumbangsih saran dan masukkan dalam pengembangan Indeks Masyarakat Digital ini," tambahnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto, mengungkapkan, skor IMDI Nasional tahun ini mencapai 43,34, meningkat 0,16 poin dari tahun 2023.

Hary berharap skor ini dapat membantu provinsi, kota, dan kabupaten dalam mengukur perkembangan masyarakat dalam memahami digital.

"IMDI kami persembahkan agar Bapak/Ibu memiliki indikator dalam mengembangkan indeks digital di wilayahnya (Provinsi atau Kota/Kabupaten)," ujar Hary.

Sebagai informasi, selain Kota Bandung, penghargaan serupa juga diberikan kepada beberapa daerah lain, termasuk Buleleng, Kota Padang, Kota Malang, Jakarta Pusat, dan Kota Denpasar, yang juga menunjukkan kemajuan signifikan dalam penerapan digitalisasi.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Bandung

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال