Bantu Petani, Pemkab Karawang Ajukan 132 Pompa Air Tambahan untuk Cegah Kekeringan

Bantu Petani, Pemkab Karawang Ajukan 132 Pompa Air untuk Cegah Kekeringan

Zilenialnews.com, Karawang - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengajukan permohonan tambahan bantuan pompa air ke Kementerian Pertanian. Langkah ini diambil untuk membantu para petani dalam menghadapi musim kemarau tahun ini.

Kepala DPKP Karawang, Rohman, menyatakan pihaknya telah mengajukan permintaan untuk 132 unit pompa air tambahan. 

“Kami mengajukan penambahan bantuan pompa air sebanyak 132 unit untuk membantu para petani menghadapi musim kemarau,” ujarnya pada Rabu (4/9/2024).


Rohman mengatakan, sebelumnya, DPKP Karawang telah menyalurkan 94 unit pompa air kepada kelompok tani sejak Mei hingga awal Agustus 2024. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pertanian dan diprioritaskan untuk petani yang memiliki lahan di daerah rawan kekeringan.

"Untuk mengajukan permohonan bantuan, kelompok tani diminta menyerahkan surat pengajuan, fotokopi KTP ketua kelompok, dan titik lokasi koordinat kelompok kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL). Selanjutnya, PPL akan menyerahkan berkas tersebut ke UPTD Pertanian di masing-masing kecamatan," katanya.


Ia juga menegaskan, perawatan pompa air yang diterima akan menjadi tanggung jawab masing-masing kelompok tani. 

“Kami tidak memberikan bantuan anggaran operasional untuk perawatan,” ungkapnya.

Rohman berharap dengan adanya bantuan pompa air ini, para petani di Karawang dapat lebih siap menghadapi musim kemarau dan menjaga produktivitas pertanian di wilayah tersebut. Berdasarkan catatan DPKP Karawang, beberapa kecamatan di wilayah selatan dan utara Karawang mengalami kekeringan selama musim kemarau.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Infoka

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال