Bandung Diterpa Cuaca Ekstrem, Warga Diimbau Selalu Siaga Potensi Bencana

Bandung Diterpa Cuaca Ekstrem, Warga Diimbau Selalu Siaga Potensi Bencana

Zilenialnews.com, Bandung - Dalam beberapa hari terakhir, cuaca ekstrem yang melanda berbagai wilayah Indonesia, termasuk Kota Bandung. Hujan dengan intensitas tinggi menimbulkan dampak bencana, seperti banjir dan pohon tumbang.

Mengingat kondisi ini, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

Jangan Parkir di Bawah Pohon

Gun Gun mengingatkan kepada para pengguna kendaraan bermotor untuk selalu waspada, salah-satunya yaitu menghindari parkir kendaraan dibawah pohon.

"Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi pohon tumbang sehingga kendaraan tetap aman terhindar dari kecelakaan," ujar Gun Gun dalam keterangan pers, Rabu (11/9/2024).


Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan jika terjadi bencana melalui nomor darurat Emergency Call 113 atau Bandung Siaga 112.

"Kami mengimbau kepada warga yang membutuhkan bantuan jika ada bencana hubungi nomor darurat Emergency Call 113 atau menghubungi darurat emergency call Bandung Siaga 112, tanpa dipungut biaya," ujarnya.

Laporan Pohon Tumbang

Sebelumnya, pada Rabu, 11 September 2024, sekitar pukul 05.10 WIB, sebuah pohon mahoni setinggi 10 meter dengan diameter 50 centimeter tumbang di Jalan Ahmad Yani. Meskipun tidak ada korban jiwa, kejadian ini menyebabkan akses jalan terhalang.

“Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Terusan Jakarta pada pukul 05.00 WIB, dan penanganannya selesai pada pukul 06.05 WIB,” tambahnya.

Layanan Darurat Siaga 24 Jam

Diskar PB Kota Bandung siap menerima laporan dari masyarakat terkait kejadian darurat melalui Bandung Siaga 112 atau langsung menghubungi nomor darurat 022-113 atau 022-7207113. 



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Bandung

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال