127.000 Warga Bandung Gelar Bebersih Serentak di HUT ke-214 Kota Bandung

127.000 Warga Bandung Gelar Bebersih Serentak di HUT ke-214 Kota Bandung

Zilenialnews.com, Bandung - Sekitar 127.000 warga dari berbagai elemen Kota Bandung secara serentak menggelar kegiatan bersih-bersih serentak atau "Bebersih Bandung" dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), pada Selasa (17/9/2024).

Kegiatan Bebersih dimulai pukul 07.30 WIB, melibatkan warga dan komunitas di berbagai tingkatan, yaitu tingkat kota, kecamatan, dan RW. Di tingkat kota, kegiatan dipusatkan di kawasan Alun-alun Bandung dan sekitarnya.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang, Tirtoyuliono, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian warga Kota Bandung mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"Ini merupakan kepedulian kita ingin Kita Bandung selalu dan dijadikan tempat yang nyaman untuk kita tinggal dan dikunjungi. Bandung ini lokomotifnya adalah pariwisata. Oleh karenanya ini adalah sebuah tonggak sejarah untuk kita jauh lebih peduli terhadap kota," kata Bambang di sela-sela Bebersih Bandung di Jalan Soekarno.


Menurut Bambang, kegiatan ini dilakukan secara masif di seluruh wilayah Kota Bandung. Ia menyebut Bebersih Bandung juga merupakan upaya Pemkot Bandung untuk mencegah terjadinya banjir, terutama menjelang musim penghujan.

"Ini adalah sebuah momentum untuk kita semua berkomitmen bahwa kita betul betul peduli dengan lingkungan yang ada di kota Bandung," ujarnya.

Bambang, menambahkan, momen Hari Jadi ke-214 Kota Bandung harus menjadi semangat gotong-royong dan kolaborasi warga kota Bandung.

"Oleh karenanya, mari kita saling mengingatkan di antara kita semua untuk kita jauh lebih peduli Ini adalah sebuah manifestasi dan sebuah tonggak sejarah bagi kita semua untuk kita jauh lebih peduli terhadap Kota Bandung," ungkapnya.


Sebagai informasi, Bebersih Bandung tingkat kota meliputi Jalan Dalem Kaum, Jalan Palestina, Jalan Asia Afrika, Jalan Otista, dan Jalan Sudirman. Peserta yang terdiri dari Wali Kota Bandung, Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, ASN, serta berbagai komunitas dan organisasi masyarakat siap bergotong royong membersihkan jalan, trotoar, drainase, serta melakukan pengecatan vandalisme dan pembersihan tumpukan sampah liar.

Kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Bandung. Setiap kecamatan menentukan satu lokasi untuk dibersihkan. Para peserta terdiri dari Kepala OPD, ASN, Camat, Forkopimcam, Lurah, dan berbagai organisasi lokal yang bersama-sama membersihkan jalan, trotoar, drainase, dan tumpukan sampah liar.

Di tingkat RW, kegiatan bersih-bersih melibatkan seluruh RW di Kota Bandung. Setiap RW menentukan satu lokasi, termasuk pengurus RW, pengurus RT, DKM, Posyandu, Karang Taruna RW, dan masyarakat setempat yang fokus membersihkan lingkungan sekitar mereka.

Selain menyemarakkan Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), acara ini bertujuan untuk mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong, menjadikan Bandung lebih bersih, indah, dan nyaman bagi semua.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Bandung

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال