Tiga Inovator Raih Penghargaan UDUNAN di Connecti:City 2024

Usaha Dukungan Keuangan (UDUNAN)

Zilenialnews.com, Bandung -
 Penghargaan program Usaha Dukungan Keuangan (UDUNAN) memeriahkan kegiatan Connecti:City 2024 yang berlangsung di Gedung Sate, pada Kamis (22/8/2024). Tiga karya terbaik diumumkan setelah melewati serangkaian tahap kurasi dan penilaian.

Ketiga pemenang tersebut adalah Nurdinda Rahayu, Julanita Linasari, dan Dian Annisa, yang dinilai sangat inovatif dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif di subsektor aplikasi, kriya, dan kuliner.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar, mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mengapresiasi komitmen dan kreativitas para peserta. Ia berharap program UDUNAN dapat memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat.

“Motivasi ini tidak hanya sebatas keinginan, tetapi juga implementasi dan kreativitas yang tidak terbatas. Kreativitas inovasi sangat mungkin dilakukan dengan kondisi yang ada di lingkungan kita,” kata Benny.


“Perlu kita sadari, Jawa Barat memiliki sumber daya alam yang luar biasa, seperti gunung, rimba, lautan, pantai, dan sumber daya manusia yang unggul. Perguruan tinggi terkemuka seperti ITB, UNPAD, dan Parahyangan juga ada di Jawa Barat. Jadi, kita harus memanfaatkan lingkungan sekitar untuk menciptakan berbagai karya dan produk kreatif,” tambahnya.

Program UDUNAN, yang diinisiasi oleh Disparbud Jabar dan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (KREASI) Jabar pada 2020, memfasilitasi sektor ekonomi kreatif Jawa Barat dalam mengakses pembiayaan untuk pengembangan usaha. 

Tahun ini, UDUNAN menjangkau skala yang lebih luas dengan melibatkan Komite Ekonomi Kreatif dari luar Provinsi Jawa Barat sebagai Co-Host. Hal ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi provinsi lain untuk saling mendukung para pelaku ekonomi kreatif dalam membentuk jejaring yang lebih besar.


“Intinya, kami siap membantu memberikan fasilitas kepada masyarakat agar dapat melakukan aktivitas ekonomi untuk kehidupan ke depan,” ucap Benny.

Program UDUNAN 2024 diikuti oleh 293 brand dari 65 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Timur. Setelah melalui tahap kurasi, terpilih 40 finalis yang terdiri dari 15 brand subsektor kuliner, 12 subsektor kriya, 9 subsektor fesyen, 3 subsektor film, dan 1 subsektor aplikasi.

Selain itu, UDUNAN 2024 juga melibatkan tujuh mitra sebagai mentor bagi 40 finalis, yaitu Bank BJB, BBF, ASK Law Office, akseleraksi.id, JagoUMKM, DHL, dan Seruni. Ada juga Lestari, Invest.id, dan West Java Investment Hub sebagai hub investor.


Berikut daftar pemenang penghargaan program Usaha Dukungan Keuangan (UDUNAN) Tahun 2024:

Juara 1: Nurdinda Rahayu (Pointtrash Indonesia, Aplikasi, Kota Sukabumi)
Juara 2: Julanita Linasari (Autumn Flower, Kriya, Provinsi Jawa Timur)
Juara 3: Dian Annisa (Chocoletters, Kuliner, Kabupaten Bogor)


Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Disparbud Jabar

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال