Pemkot Cimahi Imbau Warga Waspadai Berbagai Penyakit di Musim Kemarau

musim kemarau

Zilenialnews.com, Cimahi -
Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit penyerta selama musim kemarau. Cuaca panas ekstrem yang melanda beberapa daerah di Jawa Barat, khususnya Cimahi, berpotensi menyebabkan kurangnya pasokan air.

“Dan berkembangnya beberapa penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim kemarau,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, Senin (19/8/2024).

Dwihadi menjelaskan, penyakit penyerta yang harus diwaspadai saat musim kemarau antara lain diare, muntaber, influenza, batuk dan pilek, Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), penyakit mata, radang tenggorokan, hingga tifus.


“Penyakit penyerta yang biasa timbul tersebut diakibatkan kurangnya pasokan air bersih dan tercemarnya air dengan bakteri E. coli,” ujarnya.

Menurut Dwihadi, sedikitnya pasokan air akan membuat virus dan bakteri terkonsentrasi dan menjadi banyak dalam pasokan air yang tersedia. Selain itu, kondisi penyakit yang diiringi dengan kelembaban udara juga menjadi salah satu faktor risiko.

“Sehingga menimbulkan beberapa penyakit penyerta musim kemarau yang perlu kita waspadai bersama,” imbuhnya.


Untuk itu, Dwihadi mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah antisipasi dengan berbagai cara. Mulai dari mencukupi kebutuhan air harian dalam tubuh, menggunakan masker, hingga mengonsumsi vitamin dapat dilakukan sedini mungkin untuk menghindari paparan penyakit tersebut.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit di atas, agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat serta diagnosa awal dari gejala yang muncul.

“Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Makan makanan yang bergizi dan higienis,” pungkasnya.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Cimahi

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال