Pemdakab Bogor Gelar Gebyar UMKM Kemerdekaan sebagai Ajang Promosi dan Peningkatan Ekonomi UMKM

Pemdakab Bogor Gelar Gebyar UMKM Kemerdekaan

Zilenialnews.com, Bogor - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor menggelar gebyar UMKM kemerdekaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan promosi produk UMKM Kabupaten Bogor kepada masyarakat luas. Kegiatan ini berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (10/8/2024).

Kepala Diskop UMKM Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana, mengungkapkan, bahwa ada 58 UMKM dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor yang ikut serta dalam gebyar UMKM Kemerdekaan ke-79 RI kali ini. 

Selain sebagai ajang promosi produk UMKM Kabupaten Bogor kepada masyarakat luas, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor.


“Melalui kegiatan seperti ini, kami berupaya membantu meningkatkan perekonomian mereka sehingga memiliki penghasilan yang cukup besar. Baik makanan, minuman, maupun produk ekonomi kreatif tersedia di acara ini sehingga seluruh peserta bisa berbelanja di tempat UMKM yang tersedia,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kolaborasi dengan Kadin Kabupaten Bogor yang memungkinkan terselenggaranya kegiatan ini dengan baik.

“Sinergi dengan Kadin Kabupaten Bogor ini sangat luar biasa. Mereka memberikan fasilitas tempat untuk para UMKM. Ini juga sebagai upaya kami agar semakin banyak UMKM Kabupaten Bogor yang naik kelas,” ucapnya.


Di kesempatan yang sama, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, Sintha Dec Checawati, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Pemdakab Bogor dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI. 

Terselenggaranya kegiatan ini adalah bukti komitmen semangat kolaborasi antara Kadin dan Pemdakab Bogor, di mana semua anak bangsa berkontribusi untuk merayakan HUT ke-79 RI di Kabupaten Bogor.

“Kami harap melalui kegiatan hari ini, semarak kemerdekaan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” ujarnya.


Selain itu, Camat Citeureup, Edi Suwito, juga turut mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Pemdakab Bogor. Gebyar UMKM Kemerdekaan merupakan event yang menjadi sarana untuk menginfluencer potensi yang dimiliki seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor, salah satunya potensi produk UMKM Kecamatan Citeureup.

“Kami harap dengan sering diikutsertakan dalam event besar seperti ini, UMKM Kabupaten Bogor bisa terus mengikuti dinamika perkembangan. UMKM semakin inovatif sehingga bisa memiliki daya saing yang baik yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para pelaku UMKM,” katanya.

Kendati demikitan, Camat Tenjolaya, Endi Rismawan, menambahkan bahwa beberapa produk UMKM unggulan Kecamatan Tenjolaya diikutsertakan dalam kegiatan Gebyar UMKM Kemerdekaan. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pemasaran produk-produk UMKM Kecamatan Tenjolaya kepada masyarakat luas serta dapat menjadi wadah dalam meningkatkan penjualan.


“Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara dengan baik. Kami juga melibatkan peran PKK Kecamatan Tenjolaya pada kegiatan hari ini. Kami harap potensi wilayah dapat terpublikasikan dengan baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Salah satu Ketua UMKM Batik Kecamatan Kemang, Eli, menuturkan bahwa Gebyar UMKM merupakan sarana untuk membranding produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Bogor. Salah satunya adalah batik yang merupakan produk unggulan Kecamatan Kemang.

“Kegiatan ini sangat luar biasa. Semoga tidak berhenti di hari ini saja, tetapi bisa terus berlanjut dan batik kami semakin dikenal masyarakat luas,” ujarnya.
 

Editor: Yusril Resmahadi
Sumber: Diskominfo Bogor

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال