Jadi Teladan Pelayanan Kesehatan, Kelurahan Baros Wakili Kota Cimahi Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024

Kelurahan Baros Wakili Kota Cimahi Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024
 

Zilenialnews.com, Cimahi - Kelurahan Baros telah berhasil menjadi perwakilan Kota Cimahi pada Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Posyandu, sebagai lembaga kemasyarakatan, berperan sebagai wadah partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, terutama bagi ibu dan anak.

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi, Totong Solehudin, mengatakan, Pemerintah Kota Cimahi menyambut Tim Klarifikasi Lapangan Provinsi Jawa Barat di Posyandu Bougenville RW 05 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah.

"Kami menerima tim juri tahap klarifikasi lapangan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. Kegiatan klarifikasi lapangan ini merupakan kesempatan bagi posyandu-posyandu Bougenville RW 05 Kelurahan Baros untuk menampilkan kinerja dan kualitas terbaik," ujarnya.

Baca juga: Bilqis Priscilla, Siswi SMPN 2 Cimahi Terpilih Wakili Jabar sebagai Anak Berprestasi di Indonesia

Totong menjelaskan, Posyandu merupakan centre of excellenge atau pusat aktifitas seluruh program kegiatan masyarakat. Posyandu juga merupakan lembaga kemasyarakatan yang dikelola secara terintegrasi dengan pelayanan sosial dasar lainnya. 

"Dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat guna memberdayakan masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu, bayi dan balita untuk mendukung upaya mewujudkan Cimahi Zero New Stunting," jelasnya.

Dalam rangka mewujudkan visi Kota Cimahi "Cerdas" dengan kolaborasi dan inovasi menuju Cimahi Campernik dapat diwujudkan dengan melibatkan seluruh unsur pembangunan yaitu pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, dan media atau pentahelix.

Baca juga: Memikat Generasi Muda Cinta Sejarah, Pemkot Cimahi Beri Edukasi pada Pelajar Usia Dini

Salah satu langkah strategis adalah pengembangan posyandu camperni di mana posyandu berfungsi sebagai pusat keunggulan dengan pendekatan 8 fungsi keluarga. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi juga telah menyelenggarakan lomba posyandu tingkat kota setiap tahun.

"Hal itu turut memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kader dan posyandu menuju terbentuknya posyandu campernik. Diharapkan upaya kita bersama dapat membuahkan hasil terbaik bagi Kita Cimahi," ungkapnya.


Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Kota Cimahi

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال