Cegah Kebakaran, Pemkot Cimahi Larang Pembakaran Sampah Sembarangan


Zilenialnews.com, Cimahi -
Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran selama musim kemarau. Potensi kebakaran meningkat, dan salah satu langkah pencegahan adalah tidak membakar sampah sembarangan di lahan yang berdekatan dengan alang-alang.

“Jangan bakar sampah di pinggir rumah atau di lahan, karena pada saat musim kemarau cuaca panas, angin kencang, dan tanaman kering membuat perambatan api lebih cepat dan sulit dikendalikan,” ujar Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana, Rabu (21/8/2024).

Aep mengatakan, meskipun pihaknya telah menerima 19 laporan kebakaran, penyebabnya bukan karena kemarau, melainkan aktivitas pembakaran sampah.


Namun, Aep menegaskan, pembakaran sampah sembarangan dapat memicu kebakaran yang dampaknya bisa fatal, seperti menyebar ke pemukiman akibat angin kencang. Kebakaran ilalang juga berpotensi terjadi selama musim kemarau.

“Sejauh ini, alhamdulillah masih aman. Tapi masyarakat tetap harus waspada dan jangan sampai bakar sampah sembarangan, apalagi sampai ditinggalkan,” katanya.

Jika terjadi kebakaran, lanjut Aep, petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi selalu siaga 24 jam untuk melakukan penanganan. Masyarakat diingatkan untuk segera melaporkan jika ada kejadian yang tidak diinginkan.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Cimahi

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال