Anggaran Rp9 Miliar, 615 Titik Penerangan Baru Akan Dipasang di Kota Cimahi


Zilenialnews.com, Cimahi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi akan menambah penerangan jalan gang (PJG), penerangan jalan lingkungan (PJL), dan penerangan jalan umum (PJU) dekoratif dengan anggaran sebesar Rp 9 miliar.

Kepala Bidang Angkutan dan PJU Dishub Kota Cimahi, Iwan Ridwan, menyatakan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk memasang penerangan di 615 titik di Kota Cimahi. Rinciannya adalah 444 titik untuk PJG, 75 titik untuk PJL, dan 96 titik untuk PJU dekoratif.

“Lokasi pembangunan PJG tersebar di tiap kelurahan se-Kota Cimahi, sementara PJL akan dipasang di 11 kelurahan, yaitu Pasirkaliki, Cibabat, Citeureup, Cipageran, Padasuka, Cimahi, Karang Mekar, Melong, Utama, Leuwigajah, dan Cibeber. Sedangkan PJU dekoratif akan dipasang di Jalan Gedung Empat, Jalan Gandawijaya, Jalan Amir Mahmud, Jalan Gatot Subroto, Jalan Djulaeha Karmita, dan Jalan Pabrik Aci,” kata Iwan, pada Selasa (6/8).

Baca juga: Budi Raharja Resmi Dilantik, Kota Cimahi Siap Tingkatkan Kinerja Pemerintahan

Pembangunan penerangan jalan ini direncanakan akan dimulai pada pertengahan Agustus untuk PJL dan PJG, sementara pembangunan PJU dekoratif akan dilakukan pada bulan September 2024.

Untuk pembangunan penerangan jalan, Iwan menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan aparat kewilayahan dan warga. 

“Pelaksanaan PJL dan PJG sudah melibatkan masyarakat dan aparat setempat, kecuali PJU dekoratif yang akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaannya,” terang Iwan.

Baca juga: Pemkot Cimahi Siap Terapkan Sistem SURABI untuk Percepatan Layanan Publik

Menurut Iwan, hingga saat ini total lampu penerangan jalan yang sudah terpasang di Kota Cimahi mencapai 21.545 titik, dengan rincian 3.654 titik untuk PJU, 4.571 titik untuk PJL, dan 13.320 titik untuk PJG.

Pembangunan PJU, PJL, dan PJG di pemukiman warga ini merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat.

“Pembangunan PJU bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan pada malam hari. Pada intinya, penerangan jalan dapat meningkatkan keamanan lingkungan,” jelas Iwan.

Baca juga: Pengendalian Inflasi Berhasil, Kota Cimahi Terima Insentif Fiskal Rp61 Miliar dari Kemendagri


Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Humas Kota Bandung

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال