Jadi Perbincangan Netizen, Ini 11 Nama Nyeleneh Aplikasi Buatan Pemerintah Daerah

 

Zilenialnews.com - Hangat diperbincangkan netizen, baru-baru ini viral di media sosial mengenai nama-nama aplikasi buatan pemerintah daerah (Pemda) yang menuai pro kontra sampai bikin geleng-geleng netizen. Berdasarkan informasi yang beredar, dari total 27 ribu aplikasi yang telah dikembangkan oleh pemerintah daerah, hanya sekitar 30 persennya yang benar-benar berfungsi dengan baik dan mampu memberikan pelayanan publik secara efektif.

Dikutip dari Instagram @fakta.indo, Senin 8 Juli 2024, beberapa nama aplikasi yang tercantum dalam daftar tersebut dinilai tidak pantas dan mengundang candaan, meskipun pada dasarnya mereka ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan sejumlah aplikasi juga sangat besar. Presiden Jokowi mencontohkan bahwa ada salah satu instansi yang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun hanya untuk pengembangan aplikasi baru.

“Dalam pemeriksaan kami kemarin, ada yang mengalokasikan dana hingga Rp 6,2 triliun untuk membuat aplikasi baru. Hanya di satu kementerian saja, terdapat lebih dari 500 aplikasi. Bayangkan,” ungkap Jokowi.

Maka dari itu, Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar pemerintah pusat dan daerah menghentikan pembuatan aplikasi baru.

Berikut ini Belasan aplikasi pemerintah daerah di Indonesia dengan nama nyeleneh, seperti dikutip dari Insragram @ilmu_networking:

1. SiPEPEK

Aplikasi SiPEPEK
Sistem Pelayanan Program Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Kesehatan (SiPEPEK) ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Cirebon. Akan tetapi jika dalam bahasa daerah bisa berarti kemaluan perempuan.

2. SITHOLE
Sistem Informasi Konsultasi Hukum Online Pengadilan Negeri Semarang (SITHOLE) ini dibuat oleh pemerintah Kota Semarang. Akan tetapi jika dalam bahasa Inggris bisa berarti anus, dalam bahasa Jawa kemaluan laki-laki.

3. SISKA KU INTIP
Sistem Integrasi Kelapa Sawit-Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (SISKA KU INTIP) ini dibuat oleh pemerintah Kalimantan Selatan.

4. SIMONTOK
SIstem Monitoring Stok dan Kebutuhan Pangan Pokok (SIMONTOK) ini dibuat oleh pemerintah Kota Surakarta.

5. SISEMOK

SIstem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (SISEMOK) ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Pemalang.

6. SICANTIK
SIstem Informasi Kehadiran dan Kinerja (SICANTIK) ini dibuat oleh pemerintah Kota Bogor.

7. Si Ganteng
Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa Tengah (SIGANTENG) ini dibuat oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

8. SIPEDO
SIstem Pelatihan Berbasis Database Online (SIPEDO) ini dibuat oleh pemerintah kabupaten Sumedang.

9. Mas Dedi Memang Jantan
Program Masyarakat Berdedikasi Memperhatikan Angkatan Kerja Rentan (Mas Dedi Memang Jantan) ini dibat oleh Pemerintah Kota Tegal dan BPJS Ketenagakerjaan.

10. i-Pubers
Aplkasi Menebus Pupuk (i-Pubers) ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Demak.

11. JEBOL YA MAS
Program Inovasi Puskesmas Anggut Atas (JEBOL YA MAS) ini dibuat oleh pemerintah Kota Bengkulu.




Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال