Jadi Delegasi Pelajar Sumatera Utara, Siswi SMAN 1 Binjai Ceritakan Pengalamannya Setelah Ikuti Jambu Pasar 2024

(Foto: dok. Perssmansa).

Zilenialnews.com, Binjai - Salah satu siswi SMA Negeri 1 Binjai, Bonano Secilia Br. Pane, berkesempatan mengikuti Jambore Budaya, Pariwisata, Sejarah, Seni, dan Sastra (JAMBU PASAR), yang diselenggarakan oleh Organisasi Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) sebagai Delegasi Pelajar Sumatera Utara, pada Jumat (5/7/2024) di Bela Negara, Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 5 hingga 8 Juli 2024.

Secilia dengan gembira mengungkapkan kebahagiaannya setelah mendapatkan kesempatan mengikuti acara JAMBU PASAR. Ia mengatakan bahwa selama di acara tersebut, ia bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. 

"Seru banget! Menghabiskan 4 hari bersama ratusan orang hebat dari seluruh Indonesia meninggalkan kesan mendalam buatku. Aku banyak belajar dan mengenal hal baru, terutama mengenai budaya dan sejarah di luar pulau Sumatra. Bertemu dengan anak-anak seusiaku dari 21 pulau lainnya dan para abang/kakak dari Universitas Malang membuka mata hatiku tentang keindahan dan kekayaan Tanah Air kita, Indonesia," ujar Cecilia.

Secilia, menambahkan, selama di acara tersebut, dia berkesempatan bertemu dengan Sastrawan ternama Indonesia, Ibunda Helvy Tiana Rossa, dan Maestro Seni Tari ternama Indonesia, Bapak Didi Ninik Thowok. Aku juga bangga mengenakan pakaian asli suku Batak Toba dan menampilkannya di depan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

"Indonesia benar-benar kaya akan ragam budaya. Terkadang, kita mungkin bingung harus mulai mengenal dari mana. Saranku, mari kita mulai mengenal dan mencintai budaya Indonesia melalui bahasa. Ingatlah pepatah, 'Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.' Slogan ini benar adanya. Jadilah pemuda yang mencintai bahasa Indonesia, karena bahasa adalah identitas bangsa kita," imbuhnya.

Dia juga menegaskan, kegiatan Jambu Pasar menjadi bukti nyata betapa kaya budaya Indonesia dan betapa pentingnya kita, sebagai generasi muda, untuk melestarikan dan menghargai budaya kita.

"Semoga upaya pelestarian budaya Indonesia terus digalakkan agar budaya kita terus berkembang dan terjaga," harapnya.



Editor: Redaksi Zilenialnews
Sumber: Perssmansa

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال