Aqilah Rizni Imtiyas Terpilih sebagai Ketua Jurnalistik SMAN 2 Cikampek Masa Bakti 2022/2023

Dokumentasi saat dimulainya sidang pelaksanaan pemilihan ketua jurnalistik SMAN 2 Cikampek.
(Foto: dok. Jurnalistik SMAN 2 Cikampek).
 

Zilenialnews.com, Cikampek - Jurnalistik SMAN 2 Cikampek menggelar pemilihan ketua baru untuk periode 2022/2023, pada Jum'at (26/8/2022). Ekstrakurikuler ini merupakan wadah bagi siswa yang berminat di bidang jurnalistik dan berada di bawah naungan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Jurnalistik SMAN 2 Cikampek saat ini memiliki dua divisi: pemberitaan (termasuk wawancara, liputan, editing, dan penulisan) serta kreatif (meliputi desain grafis, mading, fotografi, dan publikasi).

Proses pemilihan ketua dilakukan secara demokratis melibatkan seluruh anggota jurnalistik. Dengan teknis pelaksanaannya menggunakan sidang pleno yang dipandu oleh panitia dan dipimpin oleh tiga presidium:

Presidium 1 : Resya Hidayatun Nisa

Presidium 2 : Alvinavia Khoerunnisa Hanifah

Presidium 3 : Nadin Nadia Khoerunisa

Sebagai informasi, presidium satu bertugas sebagai pengatur jalannya pemilihan, presidium dua sebagai notulensi dan presidium tiga sebagai pengatur keamanan saat sidang berlangsung.

Baca juga: Menarik Minat Peserta Didik, Demo Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 2 Cikampek Tampilkan Drama Musikal

Pemilihan ketua dilakukan dengan cara pengambilan suara langsung dalam ruangan kelas. Setiap anggota jurnalistik memilih kandidat dengan menuliskan nomor urut yang sesuai dengan kriteria dan preferensinya. Suara dianggap sah jika mencapai setidaknya ½+1 dari jumlah anggota yang mengikuti sidang pemilihan.

Acara ini sebagai pembelajaran pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis dalam pemilihan ketua jurnalistik. Tahun ini, terdapat lima calon kandidat ketua jurnalistik:

Kandidat 1 : Salsa Khaerunnisa

Kandidat 2 : Aqilah Rizni Imtiyas

Kandidat 3 : Maulina Rosiana Sihombing

Kandidat 4 : Annisa Khoirina

Kandidat 5 : Salma Khalidah

Dalam pelaksanaan pemilihan ini berjalan lancar, jujur dan adil. Total yang menggunakan hak pilih sejumlah 52 orang anggota jurnalistik, namun 2 hak suara tidak sah, sehingga total hak suara sah berjumlah 50 orang. 

Baca juga: Salurkan Minat Bakat Peserta Didik: SMAN 2 Cikampek Gelar Demo Ekstrakurikuler

Dengan lancarnya proses pemilihan, Aqilah Rizni Imtiyas terpilih sebagai ketua jurnalistik periode 2022/2023 dengan total perolehan 32 suara. Selamat kepada Aqilah Rizni Imtiyas atas kepemimpinannya!

Secara grafik terlampir di bawah ini:



Penulis: Yusril Resmahadi
Editor: Yusril Resmahadi & Rizki Pranata

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال