Setelah 11 Kali Gagal dan Memilih Gap Year, Hingga Akhirnya Berhasil Diterima FK UI – Menerawang Cerita Perjuangan Zahwa

 

Zahwa Camila Arifa
Zahwa Camila Arifa (Foto/Instagram: @zahwacam)

Zilenialnews.com, Purwakarta - Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia dan memiliki Fakultas Kedokteran (FK) yang menjadi fakultas impian dan banyak diidam-idamkan oleh para pelajar. FK UI menjadi satu-satunya Fakultas Kedokteran di Indonesia yang menduduki ranking 215-300 dunia pada daftar pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject dan menjadi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia.

Tidak mudah untuk bisa duduk di bangku kuliah di kampus UI ini. Namun, berkat ketekunan dan semangat belajar yang tinggi, Zahwa Camila Arifa yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Purwakarta yang berhasil diterima Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) tahun 2023 ini.

Di masa sekolahnya, Zahwa aktif mengikuti organisasi, bahkan ia terpilih menjadi Bendahara OSIS. Perjuangan Zahwa agar lolos FK UI tidaklah mudah. Di tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2022, Zahwa pernah mengalami kegagalan dan ditolak sebanyak 11 kali di Fakultas Kedokteran di semua jalur yang diikutinya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk gap year.

Selama satu tahun masa gap year-nya, Zahwa memanfaatkan waktu tersebut untuk fokus belajar sembari mengikuti bimbel, yang juga disertai dengan jatuh bangunnya sebuah perjuangan, seperti tangisnya di pukul 02.00 pagi karena merasa lelah belajar dan tidak bisa menjawab soal-soal dengan benar.

Zahwa berharap bahwa dirinya bisa menjalankan perkuliahan dengan baik dan lancar, serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat agar bisa bermanfaat bagi orang lain dan dapat membantu lingkungan sekitar, terutama untuk kampung halamannya di Purwakarta agar menjadi lebih baik.

“Aku berharap bahwa selama perkuliahan nanti, bisa berjalan dengan baik dan lancar. Aku juga berharap mendapatkan ilmu yang bermanfaat agar bisa bermanfaat bagi orang lain dan dapat membantu lingkungan sekitar, khususnya kampung halaman Aku di Purwakarta agar menjadi lebih baik,” harap Zahwa.

Dibalik keberhasilannya diterima di FK UI, terdapat satu momen yang sangat memorable bagi Zahwa, yaitu ketika kedua orang tua dan guru bimbelnya tetap memberikan kepercayaan dan dukungan kepadanya untuk tetap memilih FK UI sebagai pilihan pertama di SNBT tahun 2023. 

Kini, momen dirinya diterima di FK UI menjadi momen yang tidak akan pernah dilupakan selama hidupnya. Momen ini menjadi sebuah pembuktian kepada dirinya sendiri bahwa dalam mengejar cita-cita dan impian pasti ada tahap merasa lelah, tetapi harus tetap bangkit dan tak boleh menyerah. It’s all worth it in the end, setelah perjuangan susah payah yang dilakukannya.

“Jangan ragu dan takut untuk memperjuangkan mimpi kita, sekalipun harus mengorbankan banyak waktu. Percaya pada diri sendiri dan kuasa Tuhan. Yakinlah nanti kita akan berterima kasih kepada diri sendiri karena tidak pernah menyerah,” pesan Zahwa.


Penulis: Yusril Resmahadi
Editor: Meila Siti Maulidiyah

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال