Menilik dari Film Forrest Gump: Kekurangan Tak Menjadi Hambatan Kesuksesan

Sumber Foto: Medium.com

Judul : Forrest Gump

Sutradara : Robert Zemeckis

Penulis Naskah : Winston Groom (Novel) dan Eric Roth (Adegan Layar)

Produser : Wendy Finerman, Steve Tisch, Steve Starkey

Pemeran : Tom Hanks (Forrest Gump), Sally Field (Ibu Forrest Gump), Robin Wright (Jenny Curran), Mykelti Williamson (Bubba), Gary Sinise (Letnan Taylor).

Musik : Alan Silvestri

Sinematografi : Don Burgess

Distributor : Paramount Pictures

Rilis : 23 Juni 1994 (Los Angels)

Durasi : 142 menit

Negara : Amerika Serikat

Bahasa : Inggris

Budget : $55 juta

Box Office : $677.9 juta


“My mama always said, ‘Life was like a box of chocolates. You never know what you’re gonna get.” Kutipan yang dikatakan Forrest. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan nama yang sama karya Winston Groom. Forrest Gump merupakan salah satu film terbaik yang pernah saya tonton. Mendapat rating bagus diberbagai macam website maupun forum review film. Forrest Gump juga banyak mengandung pesan positif dan akting yang sangat baik dari para pemain nya terutama Tom Hanks yang berperan sebagai Forrest Gump. Film ini cocok ditonton untuk semua kalangan, terkhusus anak-anak tetap harus didampingi oleh orang tua.

Film ini menceritakan perjalanan hidup seorang laki-laki “idiot” dengan intelligence quotient (IQ) rendah bernama Forrest Gump. Dia memiliki kemampuan dibawah rata-rata, dan dibesarkan oleh seorang ibu yang penuh dengan kasih sayang. Saat kecil Forrest sering dirundung oleh teman-temannya dan diperlakukan sebagai orang bodoh, bahkan diklaim oleh dokter dan kepala sekolahnya bahwa dia tidak akan bisa melakukan apa-apa. Namun, di balik semua kekurangannya, banyak kelebihan yang menjadikan Forrest Gump sebagai sosok yang sangat dicintai banyak orang.

Pada hari pertama sekolahnya, Forrest bertemu Jenny, satu-satunya teman yang tidak merundungnya, rumah mereka saling berdekatan dan mereka bersahabat sampai dewasa. Dengan keterbatasannya, Forrest mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dia juga masuk ke tim football dan memenangkan banyak penghargaan.

Ketika lulus kuliah dia mendaftar masuk militer dan dikirim ke Vietnam. Di sana, dia bertemu dengan seorang pria kulit hitam bernama Bubba yang selalu meyakinkannya untuk membuka bisnis tambak udang bersamanya, mereka kemudian menjadi bersahabat. Forrest menjadi sosok yang sangat berjasa bagi peletonnya karena dengan kemampuan lari cepatnya dia bisa menjadi penyelamat banyak tentara yang terluka akibat serangan musuh. Setelah perang berakhir, dia menerima medali kehormatan disebuah kongres atas penyelamatan banyak tentara yang terluka. Namun sangat disayangkan, sahabatnya Bubba yang terluka parah saat perang harus tewas karena tidak berhasil diselamatkan.

Pada saat perang di Vietnam. Forrest mendapatkan tembakan dibagian bokongnya, untuk mengisi waktu luangnya pada saat pemulihan lukanya itu, dia malah menemukan bakat terpendamnya yaitu bermain pingpong, hingga dia menjadi atlet tenis meja yang terkenal dan membawa negaranya ke ajang internasional.

Setelah itu, Forrest teringat kembali kepada Bubba, sahabatnya saat perang di Vietnam. Dia berinisiatif untuk mewujudkan cita-cita Bubba yang ingin membuat sebuah tambak udang, dia mengeluarkan uang tabungannya untuk membeli kapal penangkap udang serta mengajak sang komandan yang pensiun karena cacat untuk bergabung bersama dan berjuang dibisnis tambak udang itu. Setelah itu mereka pun menjadi sukses dan memberikan sebagian penghasilannya untuk keluarga Bubba.

Sesudah itu, Forrest Gump hanya menghabiskan waktunya untuk mencari Jenny, teman masa kecilnya. Suatu hari Jenny kembali dan menemui Forrest. Forrest pun melamarnya namun Jenny menolak, hal itupun membuat Forrest sedih. Kesedihannya itu membuat ia memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan mengelilingi Amerika dengan berlari selama tiga tahun dan membuatnya terkenal dimedia.

Selanjutnya, ketika Forrest telah melakukan perjalanan. Dia mendapatkan sebuah surat dari Jenny untuk bertemu disuatu tempat. Pada saat mereka bertemu, Jenny mengenalkan seorang anak laki-laki yang ternyata adalah putranya. Pada pertemuan itu juga Jenny memberitahu Forrest bahwa dia sedang sakit. Kemudian Jenny dan Forrest akhirnya menikah, namun tak lama setelah itu Jenny meninggal dunia karena dia terinfeksi virus.

Ulasan

Forrest Gump adalah film yang unik dan memiliki cerita yang sangat menarik. selain diperankan oleh banyak aktor terkenal, film ini memiliki banyak cerita menyentuh, tentang bagaimana cara Forrest untuk selalu berbuat baik kepada orang sehingga membuat dia menjadi sosok yang selalu dicintai dan dikenang banyak orang, dan banyak sekali nilai sifat baik dari seorang Forrest. Seperti selalu menyayangi orangtuanya, positif serta selalu optimis, seorang yang selalu menepati janjinya, tidak melupakan sahabat dalam situasi apapun, setia dalam urusan cinta, dan dapat menjadi sosok ayah yang baik.

Negatifnya adalah tidak semua penonton bisa menangkap apa isi dan makna dari film ini, meskipun mayoritas penonton yang paham akan benar-benar sangat memiliki kesan yang tertancap dihati mereka karena begitu bagusnya film ini.

Rangkuman Ulasan

Mungkin saja dibalik semua kejadian yang kita anggap hanya sebuah kebetulan belaka, akan ada banyak keberuntungan yang membawa harapan dan kenangan bagi orang yang ada disekitar kita. Dan semoga kelak para sineas (Filmmaker) film bisa membuat film sebagus ini dan bukan hanya mengedepankan tampilan para pemain, tetapi juga isi cerita yang dapat membuat penikmatnya berkesan.

 

Abdan Almaki


Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال