Karawang Bangkitkan Kreativitas Para Pelaku Industri Kreatif Serta UMKM Melalui Event GO KIF 2023

 

Sesi foto di penghujung acara Go Karawang International Fashion 2023
(Foto/Youtube: Disparbud Kab Karawang)

Zilenialnews.com, Karawang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) telah selesai menyelenggarakan event besar Go Karawang Internasional Fashion (GO KIF) yang bertajuk "Diversity And Harmony In Karawang" pada Jumat, 19 Mei 2023 di Ballroom Mercure Hotel Karawang.

Yudi Yudiawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, menyampaikan bahwa event GO KIF 2023 ini bertujuan untuk mewadahi para pelaku industri kreatif dan UMKM agar dapat mengembangkan serta meningkatkan kualitas pada karyanya, serta memperkenalkan budaya dan produk desainer lokal Karawang di kancah internasional.

“Peserta GO KIF 2023 ini diikuti oleh 7 desainer Karawang, dan 5 desainer Nasional dari Bali, Yogyakarta, Bandung, Solo, dan Jakarta,” ujar Yudi saat sambutan GO KIF 2023.

Yudi, menambahkan, GO KIF 2023 juga mengundang 7 desainer internasional, tetapi 2 desainer dari Siberia dan Kyrgyzstan tidak bisa turut hadir karena terkendala teknis. Kemudian yang hadir hanya 4 desainer internasional, yaitu dari Russia, Tajikistan, Turkmenistan dan Kazakhstan. Dihadiri juga oleh satu orang pengamat mode dari Malaysia.

“Kita membuka stand ekstrak desainer, dan sponsor yang berjumlah 9,” tambah Yudi.

Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang, menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu acara yang pertama kalinya untuk memperkenalkan Go Karawang Internasional Fashion 2023.

“Memperkenalkan Kabupaten Karawang bukan hanya sebagai kota pangkal perjuangan, tapi lebih dari itu, Insyaallah terkenal akan peradaban di dunia manapun,” ungkap Cellica saat sambutan GO KIF 2023.

Cellica pun menambahkan bahwa Karawang merupakan salah satu dari 27 bagian wilayah kabupaten yang ada di Jawa Barat yang dikenal sebagai kota pangkal perjuangan, kota yang penuh sejarah, dan juga kota yang menjadi saksi saat Bung Karno, Bung Hatta, serta Bung Syahrir dipaksa sekelompok pemuda untuk memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa peristiwa tersebut terjadi di Kabupaten Karawang.

“Cita-cita mulia kami ketika kita sudah merdeka, kami ingin mengajak seluruh para pelaku ekonomi kreatif yang bukan hanya di Karawang, Jawa Barat, dan Indonesia kita bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi bangsa. Itulah tujuan kami mengadakan Go Karawang Internasional Fashion 2023.” tambah Cellica.

Karawang di wilayah selatan, memiliki pesona alam gunung dan curug yang bisa dilihat dari perbatasan Bogor dan Purwakarta. Di daerah utara terdapat pantai dan candi yang nilainya lebih tua daripada Candi Borobudur, 50 hektar yang tereksplorasi, 250 hektar masih tertimbun di dalam tanah. Tentunya banyak keanekaragaman dan kekayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Karawang.

“Kita tidak mau maju sendiri, saya ingin mengajak seluruh desainer untuk memproklamirkan bahwa kita memiliki sumber daya manusia yang luar biasa bisa dikenalkan pada dunia. Ketika kita berkolaborasi, kita mampu maju dari dunia manapun.” ujar Cellica

Cellica berharap melalui GO KIF 2023 ini, pemerintah bisa membantu dan memfasilitasi bangkitnya kreativitas para pelaku industri kreatif serta UMKM.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini kita mampu memperkenalkan budaya Karawang sebagai bagian dari peradaban dunia,” pungkasnya.


Penulis: Yusril Resmahadi
Editor: Meila Siti Maulidiyah

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال