Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Cikampek Terendam Banjir


banjir di wilayah karawang
Banjir di Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI), Kecamatan Cikampek,
Karawang, Jawa Barat pada Senin (27/02/2023). (Foto: Warga BMI/Bagas)


Zilenialnews.com, Cikampek - Sejumlah wilayah di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam banjir disebabkan karena intensitas curah hujan yang tinggi selama tiga hari berturut-turut, sehingga debit air meningkat, pada Senin (27/02/2023).

Banjir terjadi di sekitar titik wilayah Kecamatan Cikampek, Karawang. Salah satunya yaitu di wilayah Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) Dawuan Tengah yang selalu terjadi hampir di setiap tahunnya terkena dampak banjir karena curah hujan tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan naiknya volume air sungai, selain itu buangan air dari Situ Kamojing yang deras dan situ tidak dapat menampung jika air sudah lewat batas maksimal.

"Hujan sekitar jam 05.00 subuh dan air naik ke wilayah BMI sekitar jam 07.00" kata Bagas, salah satu warga perumahan BMI yang dihubungi via Whatsapp pukul 13.29.

Bagas, mengatakan, banjir saat ini di prediksi dengan ketinggian air mulai 10 sentimeter (cm) hingga 40 cm. Banjir yang merendam banyak wilayah juga mengganggu warga dan pelajar untuk beraktivitas. karena banjir sudah menutupi akses di setiap jalan. 

"Sekarang masih selutut, di ranah orang banjir segini masih mending. Dibandingkan banjir sebelumnya seperut bahkan lebih, tapi kemungkinan bakal naik juga" ujar Bagas

Dikutip dari Jurnalpolri.com hasil dari giat monitoring, dijelaskan informasi sebagai berikut; Lokasi persiapan pengungsian dan posko dapur umum yang disediakan, jika terdampak bencana banjir di wilayah BMI:

1. Posyandu RW 16 Perum BMI 1

2. Masjid Al-Muhajirin Perum BMI 1

3. Posyandu Kenanga RW 18

4. Stasiun Dawuan

5. Masjid Al-Ikhlas Kp. Torojog

Dikutip dari Instagram @ckpinfo wilayah Dawuan yang terdampak banjir, meliputi:

1. Perumahan Bumi Mutiara Indah

2. Perumahan Karang Mas Indah

3. Pejaten 

4. Poponcol

5. Grand Lucky Dawuan

6. Babakan Bogor, dsb

Selain wilayah Dawuan. Sebagian wilayah Kotabaru juga terdampak banjir. Dikutip dari Facebook Puskesmas Kotabaru, menginformasikan data sementara dari Bidan Desa PKM Kotabaru, wilayah yang terdampak banjir, yaitu:

1. Perum Cikampek Berbunga Pangulah Baru

2. Perum Griya Sentosa Wancimekar

3. PMI 2 Pangulah Utara 

4. Pangulah Permai Pangulah Selatan

5. Dusun Kerajaan Wancimekar

6. Gandoang Pangulah Selatan

7. Perum Eka Mas Pangulah Utara

8. Ponpes Salamul Huda Pangulah Selatan

9. Perum Cariu Permai 3 Wancimekar, dsb

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, menghimbau agar masyarakat tetap waspada bencana, karena sekarang ini hujan deras masih berpotensi terjadi di wilayah Karawang.


Penulis: Yusril Resmahadi

Terima kasih telah membaca di situs Zilenialnews.com. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال